Senin, 27 Juli 2020

Siapa yang anda andalkan?

28 Juli 2020 

Siapa yang anda andalkan?



Yer 9:23-24 Beginilah firman TUHAN: "Janganlah orang bijaksana bermegah karena kebijaksanaannya, janganlah orang kuat bermegah karena kekuatannya, janganlah orang kaya bermegah karena kekayaannya, (24) tetapi siapa yang mau bermegah, baiklah bermegah karena yang berikut: bahwa ia memahami dan mengenal Aku, bahwa Akulah TUHAN yang menunjukkan kasih setia, keadilan dan kebenaran di bumi; sungguh, semuanya itu Kusukai, demikianlah firman TUHAN." 

Kita tidak bisa mengandalkan kebijaksanaan kita pada saat kita susah. Kebijaksanaan belum tentu berguna untuk mengecoh musuh atau menghindar dari situasi yang berbahaya, karena hikmat manusia dapat mengecewakan. Bahkan kita dapat termakan sendiri oleh akal kita. 

Kita juga tidak bisa mengandalkan kekuatan kita, karena pertempuran tidak selalu dimenangkan oleh yang kuat. Goliat, seorang yang tinggi besar, yang sangat kuat ketika bertempur melawan Daud, langsung mati pada ronde pertama. . Semua kekuatan manusia tidak ada apa-apanya tanpa Allah, dan terlebih tidak ada apa-apanya jika melawan Dia. 

Kita juga tidak bisa bermegah karena kekayaan kita. Uang tidak menjawab segalanya. Uang tidak bisa melindung kita dari Covic19. Ini sudah terbukti karena banyak orang berduit mati karena Covic. Uang juga tidak bisa melindungi kita dari kecelakaan. Dan uang tidak bisa melindungi kita dari kematian. Kematian tetap 100 persen walaupun kita punya banyak uang. 


Kalau pun kita memiliki teman yang memiliki ketiga hal itu, yakni kebijaksanaan, kekuatan dan kekayaan, maka kita pun tidak boleh mengandalkan hidup kita kepada mereka. 
Satu-satunya penghiburan kita dalam kesusahan adalah bahwa kita sudah memahami dan mengenal Tuhan . Pengenalan akan Allah ini akan menjadi sukacita buat kita Satu-satunya andalan kita dalam kesusahan adalah Allah yang kita kenal adalah Allah yang maha mencukupi bagi kita. Pengenalan akan Allah ini akan menopang kita lebih daripada ribuan keping emas dan perak.


Doa 

Hanya kepada Mu Tuhan, kami menyandarkan seluruh hidup kami.Engkaulah yang kami andalkan. Kami tidak akan bermegah di dalam kebijaksanaan kami, kekuatan kami dan kekayaan kami. Tetapi kami hanya akan bermegah karena kami mengenalMu 

Pdt. Yohannis Trisfant 

Tidak ada komentar: