Minggu, 05 Juli 2020

Kita hanyalah alat (Yes 10:15)

Senin, 6 Juni 2020 



Yes 10:15 Adakah kapak memegahkan diri terhadap orang yang memakainya, atau gergaji membesarkan diri terhadap orang yang mempergunakannya? seolah-olah gada menggerakkan orang yang mengangkatnya, dan seolah-olah tongkat mengangkat orangnya yang bukan kayu! 


Ketika Napoleon Bonaparte hendak menyerbu Rusia, seseorang sudah berusaha untuk menghalangi dia dan mengatakan bahwa dia tidak bisa menang, Orang tersebut mengutip sebuah pepatah seperti ini dan memberitahukan kepada Napoleon: "Manusia mengusulkan, tetapi Tuhan yang menentukan". Napoleon sangat marah dan berkata: Saya yang mengusulkan dan saya juga yang menentukan”. Hasilnya adalah invasinya ke Rusia meruapakan awal dari kejatuhan Napoleon 

Tidak ada instrumen atau alat yang mencapai tujuannya tanpa kekuatan yang lebih besar dari dirinya yang menggerakkannya, namun seringkali manusia gagal menyadari akan hal ini. Ketika alat membanggakan bahwa kekuatannya lebih besar daripada orang yang memakainya, maka alat itu berada dalam bahaya dibuang oleh sang pemakai. 

Kita hanya berguna sejauh kita mengizinkan Tuhan untuk memakai kita. Jika Tuhan telah memberi kita kemampuan dan talenta khusus, kita tidak boleh menganggapnya sebagai kemampuan kita sendiri tetapi tetap harus menyadari bahwa itu adalah pemberian Tuhan dan kita hanyalah sebagai alatnya 

Doa 

Bapa di sorga, seringkali kami lupa bahwa kemampuan kami, keberhasilan kami adalah pemberian Mu. Dan seringkali kami menganggap bahwa diri kami sendirlah yang membuat semuanya berjalan dan berhasil. Pada hari ini kami sadar bahwa kami hanyalah alat yang dipakai olehmu. Kami ingin tetap menjadi alatmu sepanjang hidup kami. 

Pdt. Yohannis Trisfant 

Tidak ada komentar: