Jumat, 31 Juli 2020

Hukum Tuhan ditulis di dalam hati kita

1 Agustus 2020


Hukum Tuhan ditulis di dalam hati kita


Yer 31:33 Tetapi beginilah perjanjian yang Kuadakan dengan kaum Israel sesudah waktu itu, demikianlah firman TUHAN: Aku akan menaruh Taurat-Ku dalam batin mereka dan menuliskannya dalam hati mereka; maka Aku akan menjadi Allah mereka dan mereka akan menjadi umat-Ku. 

Hukum-hukum Allah tertulis di dalam Alkitab dan juga di dalam hati kita. Ketika hukum-hukum Allah tertulis di dalam Alkitab, maka itu belum tentu menjadi bagian dari diri kita. Banyak orang yang membaca dan mempelajari Alkitab, tetapi isi Alkitab itu tidak menjadi bagian dari diri mereka. Mengapa? Karena Allah tidak menuliskan isi Alkitab itu di dalam hati mereka. 


Allah menuliskan hukumnya dalam hati semua orang percaya, sehingga membuat hati kita siap dan akrab dengannya, dan membuat Alkitab itu dekat dengan kita. Karena hukum Allah itu tertulis di dalam hati kita, maka akan membuat kita peduli untuk menjalankan hukum itu. Kita akan peduli karena hukum Allah itu ada di dalam hati kita. 


Karena Allah menuliskan hukumnya di dalam hati kita, akan membuat hati kita cenderung untuk taat. Ada sebuah kesadaran hati Nurani untuk taat dan ada sukacita karena Firman Tuhan. Dan inilah tanda bahwa kita adalah umatNya dan Dia adalah Allah kita. Kiranya kita mengalami hal-hal seperti ini. 


Doa 

Ya, Tuhan, tanpa Engkau memperbaharui hati kami dan menuliskan FirmanMu dalam hati kami, maka tidak mungkin kami mengasihiMu dengan segenap hati, segenap jiwa dan segenap kekuatan kami. Langkah langkah kami tidak akan goyah, karena FirmanMu ada di dalam hati kami. Tolonglah kami untuk senantiasa memelihara FirmanMu dalam hati kami. 

Pdt. Yohannis Trisfant 

Tidak ada komentar: