Senin, 13 Juli 2020

Lelah dan Lesukah anda?

14 Juli 2020

Lelah dan Lesukah anda?



Yes 40:29-31 Dia memberi kekuatan kepada yang lelah dan menambah semangat kepada yang tiada berdaya. (30) Orang-orang muda menjadi lelah dan lesu dan teruna-teruna jatuh tersandung, (31) tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru: mereka seumpama rajawali yang naik terbang dengan kekuatan sayapnya; mereka berlari dan tidak menjadi lesu, mereka berjalan dan tidak menjadi lelah.



TUHAN itu kekal, tidak menjadi lelah dan tidak menjadi lesu, serta tidak terduga pengertian-Nya.(Yes 40:28). Kita tentu ingin juga agar menjadi orang orang yang tidak lelah, tidak lesu. Apakah ini mungkin kita alami? Ya. Karena ayat 29 mengatakan : Dia memberi kekuatan kepada yang lelah dan menambah semangat kepada yang tiada berdaya. Tuhan membagikan kekuatannya kepada kita. 



Kata lelah dalam ayat 30 menunjuk kepada lelah karena kerasnya kehidupan. Tuhan mengetahui kelelahan kita dan Dia memberikan penangkalnya, yakni kekuatan yang kita butuhkan. 



Kalau yang lelah itu adalah orang tua, maka kita tidak terkejut. Tetapi ayat 30 mengatakan bahwa yang lelah adalah orang muda. Orang muda yang seharusnya kuat namun lelah. Zaman ini, banyak orang muda yang sudah kelelahan menjalani hidup mereka. Kalau orang muda saja lelah, maka betapa lebihnya lagi orang tua. Orang tua bukan hanya lelah, tetapi sangat lelah



Bisakah yang lelah ini menjadi kuat kembali? Bisa. Ayat 31 mengatakan: tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN mendapat kekuatan baru. Tuhan memperbaharui kekuatan mereka. Mereka yang memiliki hubungan persekutuan dengan Tuhan akan selalu diperbaharui kekuatannya oleh Tuhan sehingga tidak pernah menjadi lelah. Kekuatan ini dimiliki karena hasil dari transformasi. Relasi dengan Tuhan akan terus mentransformasi hidup kita, sehingga kita akan tetap kuat, dimana kita berlari dan tidak menjadi lesu, berjalan dan tidak menjadi lelah. Ini adalah kekuatan ilahi,yang tidak pernah lelah dan itu diberikan kepada kita ketika kita setia menjalin persekutuan denganNya



Doa

Ya, Tuhan, buatlah kami kuat, Tambahkanlah kekuatan dalam jiwa kami. Walaupun manusia lahiriah kami semakin merosot, tetapi manusia batiniah kami akan terus diperbaharui oleh Tuhan dan tidak pernah menjadi lelah dalam menjalani kehidupan kami. 



Pdt. Yohannis Trisfant 

Tidak ada komentar: