Senin, 06 Juli 2020

Malam-siang-malam (Yes 21:11-12)

Selasa  juli 2020


Malam-siang-malam (Yes 21:11-12)


Yes 21:11-12  Ucapan ilahi terhadap Duma. Ada seorang berseru kepadaku dari Seir: "Hai pengawal, masih lama malam ini? Hai pengawal, masih lama malam ini?"  (12)  Pengawal itu berkata: "Pagi akan datang, tetapi malam juga. Jika kamu mau bertanya, datanglah bertanya sekali lagi!"

Pertanyaan masih lama malam ini?  Masih lamakah kesusahan ini? Masih lamakah ketidakpastian ini, mungkin merupakan pertanyaan-pertanyaan kita saat ini.  Kita menanti-nantikan datang nya siang, datang nya pemulihan. 


Masih lama malam ini? Jawabannya adalah pagi akan datang. Kesusahan akan lewat, diganti dengan pemulihan. Sakit akan selesai dan diganti dengan penyembuhan. Kesulitan ekonomi akan berakhir dan diganti dengan kecukupan.  Covic -19 akan berakhir dan kita bisa aktivitas normal lagi tanpa ada new normal. 


Namun persoalannya, jawabannya tidak berhenti sampai disitu. Pengawal itu menjawab: pagi akan datang, tetapi malam juga. Jadi setelah selesainya malam ini, atau kesusahan ini, maka pagi akan datang, kesusahan akan berakhir. Namun malam akan datang lagi, kesusahan yang lain akan datang lagi


Jadi hidup itu malam-siang-malam-siang-malam....dst. Covic 19 selesai, kita bisa aktivitas normal, namun apakah covic jenis lain tidak akan datang ? akan datang lagi yang lain.


Malam-siang-malam....Hidup ini susah-senang-susah. Sakit-sehat-sakit-sehat.  
Perhatikan, dalam jalan pemeliharaan Allah biasanya pagi dan malam datang silih berganti. Malamkah sekarang? Pagi pun akan datang, dan fajar tahu tempatnya (Mzm. 30:6). Siangkah sekarang? Malam pun akan datang juga. Bila ada pagi masa muda dan kesehatan, akan datang malam penyakit dan usia tua. Bila ada pagi kemakmuran dalam keluarga, dalam masyarakat, kita mesti siap menghadapi perubahan. 


Oleh karena itu kita harus selalu siap sedia. Kalau hari ini kita ada dalam keadaan malam, maka nantikanlah siang pasti akan datang. Tetapi kalau hari ini kita ada dalam keadaan siang, maka siap siap akan datang malam. Kesukaran bisa datang, kesehatan bisa memburuk, pekerjaan bisa memburuk. Kita mesti buat persiapan selama kita ada di siang hari, supaya ketika malam tiba, kita bisa menghadapi malam itu karena kita sudah mempersiapkan diri

 
Doa

Bapa di dalam sorga, kami mesti realitis, bahwa hidup kami tidak selalu berada di dalam kondisi baik-siang. Malam akan datang. Tuntunlah kami agar selama siang kami mempersiapkan diri kami sebaik mungkin, sehingga ketika malam tiba, maka kami siap menjalaninya. Kalau saat ini kami sedang berada dalam kondisi malam-susah, kami memiliki pengharapan bahwa malam ini akan berlalu dan berganti dengan siang. Kami percaya akan kesetiaanMu dan rahmaMu yang tidak pernah berkesudahan, selalu baru setiap hari

Pdt. Yohannis Trisfant

Tidak ada komentar: