Kamis, 23 Juli 2020

Doa dan Dosa (Yes 59:1-2)

24 Juli 2020 
Doa dan Dosa (Yes 59:1-2)


Yes 59:1-2 Sesungguhnya, tangan TUHAN tidak kurang panjang untuk menyelamatkan, dan pendengaran-Nya tidak kurang tajam untuk mendengar; (2) tetapi yang merupakan pemisah antara kamu dan Allahmu ialah segala kejahatanmu, dan yang membuat Dia menyembunyikan diri terhadap kamu, sehingga Ia tidak mendengar, ialah segala dosamu. 

Tangan TUHAN tidak kurang panjang untuk menyelamatkan. Kuasanya tidak berkurang, tidak melemah, atau dibatasi. Tangan kita bisa lemah, dan pendek jangkauannya tetapi tangan TUHAN sama sekali tidak menjadi lemah atau kurang panjang. Kuasa-Nya tetap mampu untuk menyelamatkan melalui banyak orang atau sedikit orang. 

Bukan hanya tangan TUHAN yang tetap berkuasa, tetapi pendengaranNya tetap tajam untuk mendengarkan doa kita. Memang ada banyak doa yang dinaikkan kepada Dia dan yang dijawabNya, namun Dia tetap mendengar doa kita. Doa orang benar masih tetap menjadi kesukaan-Nya. Ia bahkan cepat mendengar doa doa kita. Jika doa-doa kita tidak dijawab, itu bukan karena Allah lelah mendengar doa, melainkan karena kita lelah berdoa, dan bukan karena pendengaran-Nya kurang tajam ketika kita berbicara kepada-Nya, melainkan karena pendengaran kita kurang tajam ketika Ia berbicara kepada kita. 

Hal yang membuat doa kita tidak dijawab adalah dosa dosa kita. Dosamu menghambat yang baik dari padamu (Yer. 5:25). Oleh karena itu bertobatlah dan datang kembali kepada Tuhan. 

Doa 

Ya Tuhan ampunilah segala dosa dosa kami. Sucikanlah kami. Dosa dosa kami selama ini menghambat segala yang baik dan menghambat akan doa kami. Kami memohon pengampunanMu dan pembaharuan kembali. Sesungguhnya, tanganMu senantiasa siap menolong kami dalam persoalan kami. 

Pdt. Yohannis Trisfant 

Tidak ada komentar: