Jumat, 24 Juli 2020

Respon Allah terhadap doa kita (Yes 65: 24)

25 Juli 2020

Respon Allah terhadap doa kita (Yes 65: 24)


Yes 65:24  Maka sebelum mereka memanggil, Aku sudah menjawabnya; ketika mereka sedang berbicara, Aku sudah mendengarkannya.

Ketika Alkitab mengatakan bahwa Tuhan  menjawab kita sebelum kita memanggil maka ini menyatakan kepada kita betapa cepatnya respon Tuhan terhadap kebutuhan kita. Bahkan ketika kita sedang berbicara, Tuhan sudah mendengarkanNya. Respon yang sangat luar biasa. 


Berbeda dengan manusia . Manusia itu lambat merespon sesuatu. Kecerdasan  manusia yang terbatas membuatnya lambat memahami apa yang dibutuhkan. Kepekaannya yang tidak sempurna membuatnya lambat untuk merasakan urgensi kebutuhan orang lain. Dan sifat manusia yang berdosa membuat mereka enggan meresponi orang lain.  Tuhan tidak berada di bawah batasan ini. 

Tuhan itu sempurna. Dia mengantisipasi kebutuhan kita.  Dia menyediakan kebutuhan kita dan seringkali datang tanpa kita minta. Dan bahkan dia meresponi akan permohonan kita.   Ada kalanya kita mengalami bahwa Allah mengabulkan permintaan kita pada saat kita memintanya (Daniel 9:20, 21). Bahkan ketika kita tidak menerima permintaan kita, Dia tetap mendengarkan kita dan mengindahkan kita, dan menentukan dengan cara apa Dia akan memberkati kita.

Apakah lagi yang kita kuatirkan dalam hidup ini? Pertolongan Tuhan tidak pernah terlambat diberikan kepada kita. Kita tidak tahu semua hal, tetapi kita tahu dengan pasti bahwa Allah bekerja dan meresponi dengan cepat dan tepat semua persoalan kita, dan doa doa kita. 


Doa

Bapa di sorga, terima kasih atas kasihMu yang sangat besar atas diri kami. Tuhan merespon dengan cepat dan tepat semua kebutuhan kami. Terkadang kami merasa lambat dalam menerima doa doa kami, tetapi sesungguhnya Tuhan sedang menyiapkan yang terbaik bagi kami. Ajar kami untuk mengikuti waktuMu Tuhan. 

Pdt. Yohannis Trisfant

Tidak ada komentar: