Kamis, 02 Juli 2020

Kita akan dilupakan (Pkh 1:11)

Jumat, 3 Juli 2020 

Kita akan dilupakan (Pkh 1:11)


Pkh 1:11 Kenang-kenangan dari masa lampau tidak ada, dan dari masa depan yang masih akan datangpun tidak akan ada kenang-kenangan pada mereka yang hidup sesudahnya.


Manusia itu cepat lupa! Semua manusia mengalami amnesia sejarah, atau lupa ingatan di masa lalu. Suatu hari kita juga akan terlupakan. Apa yang kita kumpulkan akan hilang. Apa yang telah kita capai akan dilupakan. Keturunan kita tidak akan ingat kita lebih baik daripada kita ingat nenek moyang kita. Sekarnag kita masih ingat engkong kita, tetapi nanti cucu kita belum tentu ingat kita. Keturunan kita nanti pasti lebih amnesia. Kakek nenek tidak akan mereka ingat lagi. Bahkan ke depan, papa mama juga mungkin mereka sudah lupakan. Dan suatu hari saudara juga akan dilupakan oleh generasi berikutnya. Anak dari cucu kita tidak akan ingat kita lagi. Kita paling bagus hanya akan diingat sampai generasi ketiga, sampai cucu kita. Generasi ke empat, apalagi kelima tidak akan ingat lagi kita. kita akan dilupakan. Ini adalah bagian dari kelelahan hidup, bahwa suatu waktu tidak ada orang yang akan ingat bahwa saudara pernah hidup di dunia ini. 


"Kesia-siaan belaka!" Apakah saudara mulai setuju dengan filosofi Pengkhotbah tentang hidup ini? Bahwa hidup ini hanyalah kesusahan dan kesulitan ? dan melelahkan? Dan akhirnya dilupakan? 


Hidup itu melelahkan, penuh kesusahan, menjemukan dan akan dilupakan kalau saudara melihatnya dibawah matahari. Pkh 1:3 Apakah gunanya manusia berusaha dengan jerih payah di bawah matahari? Pkh 1:9 mengatakan : tak ada sesuatu yang baru dibawah matahari. 


Memang kalau kita melihat hidup di dalam persepektif dibawah matahari, hidup itu melelahkan, dan sia-sia, menjemukan dan kita akan dilupakan. . Tetapi ini bukan satu-satunya cara untuk melihat dan menjalani hidup ini. Ada Allah di surga yang berada di atas matahari. Walaupun manusia sudah tidak ingat kita pernah hidup di dunia ini, tetapi Tuhan akan tetap ingat kita. Oleh karena itu ingatlah Tuhan senantiasa selama saudara hidup, karena hanya Dialah yang akan tetap mengingatMu ketika semua orang melupakanmu 

Doa 

Ya Tuhan, suatu waktu kelak, kami tidak akan pernah diingat lagi oleh manusia , bahkan oleh geenerasi penerus kami. Tetapi satu hal yang luar biasa adalah Tuhan tetap ingat kami, karena hidup kami tersembunyi di dalamMu. 


Pdt. Yohannis Trisfant 

Tidak ada komentar: