Kamis, 20 Agustus 2020

TETAPLAH PERCAYA

Jumat, 21 Agustus 2020



Dan 6:17 Sesudah itu raja memberi perintah, lalu diambillah Daniel dan dilemparkan ke dalam gua singa. Berbicaralah raja kepada Daniel: "Allahmu yang kausembah dengan tekun, Dialah kiranya yang melepaskan engkau:18 Maka dibawalah sebuah batu dan diletakkan pada mulut gua itu, lalu raja mencap itu dengan cincin meterainya dan dengan cincin meterai para pembesarnya, supaya dalam hal Daniel tidak dibuat perubahan apa-apa. (19) Lalu pergilah raja ke istananya dan berpuasalah ia semalam-malaman itu; ia tidak menyuruh datang penghibur-penghibur, dan ia tidak dapat tidur. (20) Pagi-pagi sekali ketika fajar menyingsing, bangunlah raja dan pergi dengan buru-buru ke gua singa; (21) dan ketika ia sampai dekat gua itu, berserulah ia kepada Daniel dengan suara yang sayu. Berkatalah ia kepada Daniel: "Daniel, hamba Allah yang hidup, Allahmu yang kausembah dengan tekun, telah sanggupkah Ia melepaskan engkau dari singa-singa itu?" (22) Lalu kata Daniel kepada raja: "Ya raja, kekallah hidupmu! (23) Allahku telah mengutus malaikat-Nya untuk mengatupkan mulut singa-singa itu, sehingga mereka tidak mengapa-apakan aku, karena ternyata aku tak bersalah di hadapan-Nya; tetapi juga terhadap tuanku, ya raja, aku tidak melakukan kejahatan." (24) Lalu sangat sukacitalah raja dan ia memberi perintah, supaya Daniel ditarik dari dalam gua itu. Maka ditariklah Daniel dari dalam gua itu, dan tidak terdapat luka apa-apa padanya, karena ia percaya kepada Allahnya. 

Ada banyak Singa di pedesaan dan hutan Mesopotamia, dan orang-orang sangat takut kepada singa-singa tersebut. Raja-raja seringkali berburu singa untuk olahraga. Janganlah punya olaharga seperti ini. Mending jalan kaki saja. Persia menangkap singa, memeliharanya di taman besar. Disitu singa-singa tersebut diberi makan dan dirawat. Singa juga digunakan untuk mengeksekusi orang. Dan ini dilakukan atas diri Daniel


Tetapi Tuhan memiliki berbagai macam cara untuk menyelamatkan umat-Nya, cara-cara yang tidak dapat kita bayangkan. Oleh karena itu kalau pun mengalami ancaman seperti yang dialami oleh Daniel, maka janganlah menyerah, karena Tuhan memiliki kuasa dan rencana yang tidak kita ketahui. Pada saat itu, Tuhan menutup mulut singa. 


Hal yang paling penting adalah percayalah kepada Tuhan. Tuhan pasti tahu cara terbaik yang akan Dia lakukan dalam hidup kita. Orang yang percaya pada Tuhan dan menuruti kehendakNya tidak akan tersentuh oleh apapun sampai Tuhan mengijinkannya.


Mempercayai Tuhan berarti memiliki kedamaian yang tak terukur. Tuhan, yang membebaskan Daniel, akan membebaskan juga saudara.. Apakah saudara mempercayai Dia dalam hidup saudara ?


Doa


Ya, Tuhan Engkau yang empunya, Kuasa dan Kemuliaan. RencanaMu tak terpahami oleh manusia. Engkau membebaskan dengan cara yang tidak terduga. Berikanlah kepada kami iman untuk percaya kepada Mu dalam kondisi apapun itu. Kami yakin, Tuhan merencanakan dan akan melakukan yang terbaik bagi kami 

Pdt. Yohannis Trisfant 

Tidak ada komentar: