Senin, 07 September 2020

Dampak dosa kepada sekitar kita (Yun 1:4)

Selasa, 8 September 2020 

Dampak dosa kepada sekitar kita (Yun 1:4)


Yun 1:4 Tetapi TUHAN menurunkan angin ribut ke laut, lalu terjadilah badai besar, sehingga kapal itu hampir-hampir terpukul hancur. 


Dosa Yunus mengakibatkan Tuhan menurunkan angin ribut ke laut dan terjadilah badai yang besar. Kapal yang ditumpangi Yunus hampir terpukul hancur. Kita tahu bahwa angin ribut ini bukan terjadi secara kebetulan, tetapi diturunkan oleh Tuhan sendiri. Tuhan yang mengirim angin ribut di kapal Yunus untuk menghukum Yunus. 

Namun yang kasihan adalah Nahkoda dan awak kapalnya. Mereka tidak berdosa tetapi menerima dampak dari dosa Yunus. Nahkoda dan awak kapa sangat ketakutan sampai mereka semuanya berteriak-teriak kepada allahnya, dan mereka membuang ke dalam laut segala muatan kapal itu untuk meringankannya. Tetapi ombak tetap tidak tenang. 

Kita melihat disini bahwa dosa kita memiliki dampak kepada orang sekitar kita. Ketidaktaatan kita mengakibatkan dampak buruk kepada orang orang di sekitar kita, baik itu secara langsung maupun secara tidak langsung. Suami yang melakukan dosa perzinahan akan mempengaruhi secara langsung hubungan nya dengan istrinya dan akan berdampak buruk kepada anak-anaknya. Ketika Tuhan menghukum suami yang berzinah tersebut maka hukuman ini pun pasti akan memiliki dampak kepada keluarga dekat, dan semua keluarganya. Mereka semua akan mendapat malu. 

Oleh sebab itu, berhati-hatilah. Dosa pribadi memiliki dampak sosial. Berpikirlah seratus kali sebelum melakukan dosa, karena dampaknya merusak, bukan hanya merusak diri kita, tetapi merusak orang-orang yang kita kasihi 

Doa 

Tuhan yang Kudus, ampunilah dosa dosa kami. Kami seringkali tidak menyadari bahwa dosa kami bukan hanya sebuah dosa pribadi tetapi juga memiliki dampak merusak secara sosial. Berikan kepada kami pertolonganMu untuk hidup dalam kekudusan. Kami pun yakin bahwa kekudusan kami akan memberikan dampak sosial kepada sekeliling kami 

Pdt. Yohannis Trisfant

Tidak ada komentar: