Jumat, 18 September 2020

Allah menghajar Yunus

Sabtu, 19 September 2020


Allah menghajar Yunus

Yun  4:7  Tetapi keesokan harinya, ketika fajar menyingsing, atas penentuan Allah datanglah seekor ulat, yang menggerek pohon jarak itu, sehingga layu.

Allah memakai kedaulatannya dalam menghajar Yunus. Satu ciri dari kitab Yunus ini adalah perkataan ”atas penentuan TUHAN”. Kita lihat Yunus 1: 17 ,” maka atas penentuan TUHAN datanglah seekor ikan besar yang menelan. Yunus 4:6 ,”Lalu atas penentuan TUHAN Allah tumbuhlah sebatang pohon jarak melampaui kepala Yunus. Yunus 4: 7,” Tetapi keesokan harinya, ketika fajar menyingsing, atas penentuan Allah datanglah seekor ulat, yang menggerek pohon jarak itu, sehingga layu. Segera sesudah matahari terbit, maka atas penentuan Allah bertiuplah angin timur yang panas terik, sehingga sinar matahari menyakiti kepala Yunus 

Kalimat ,”atas penentuan TUHAN” dipakai secara berulang. Kata itu dipakai untuk apa? Untuik menghajar dan mengajar Yunus. Allah menghajar Yunus dengan memakai kedaulatanNya. Ketika ikan besar datang menelan Yunus, dan Yunus tinggal dalam perut ikan selama 3 hari, adalah sesuatu hal yang mustahil. Demikian juga ketika pohon jarak  tumbuh dalam semalam, adalah sesuatu hal yang mustahil juga. Ketika datang ulat dan mematikan pohon jarak itu dalam tempo semalam juga sebenarnya hal yang sangat jarang terjadi bahkan mustahil. Saya tidak pernah melihat sebuah pohon yang sehat mati dalam semalam oleh karena ulat. Namun kita melihat bahwa hal-hal yang mustahil itu terjadi atas diri Yunus karena ketidaktaatannya, karena Yunus tidak bertobat.

Allah memiliki 1001 macam cara untuk menghajar anak-anakNya.  Dia bisa menghajar kita, dengan melakukan hal-hal  yang tidak mungkin terjadi MENJADI  mungkin terjadi atas hidup kita.

Tuhan bisa melakukan muzizat untuk menghajar hamba-hambanya yang bandel. Jika saudara sudah lama ikut Tuhan tanpa hati yang bersukacita, hanya bersungut-sungut, maka siap-siap lah mengalami hal hal yang mustahil. Muzizat itu bukan hanya peristiwa penyembuhan, pemulihan, tetapi juga peristiwa perusakan yang tidak masuk akal yang bertentangan dengan hukum Alam.


Doa

Kami ingin sungguh-sungguh melayaniMu Tuhan dan tidak mau membuat Tuhan murka atas kami. Tolonglah kami untuk tidak mempermainkan kemurahanMu. Berikan kami pertobatan dan kesungguhan hati untuk melayaniMu


Pdt. Johannis Trisfant

Tidak ada komentar: