Minggu, 14 Juni 2020

Allah yang Mahatahu (Mazmur 139:1-6)

Senin, 15 Juni 2020 

Allah yang Mahatahu (Mazmur 139:1-6)


Mzm 139:1-6 Untuk pemimpin biduan. Mazmur Daud. TUHAN, Engkau menyelidiki dan mengenal aku; (2) Engkau mengetahui, kalau aku duduk atau berdiri, Engkau mengerti pikiranku dari jauh. (3) Engkau memeriksa aku, kalau aku berjalan dan berbaring, segala jalanku Kaumaklumi. (4) Sebab sebelum lidahku mengeluarkan perkataan, sesungguhnya, semuanya telah Kauketahui, ya TUHAN. (5) Dari belakang dan dari depan Engkau mengurung aku, dan Engkau menaruh tangan-Mu ke atasku. (6) Terlalu ajaib bagiku pengetahuan itu, terlalu tinggi, tidak sanggup aku mencapainya. 

Allah memiliki pengetahuan yang sempurna mengenai kita, dan bahwa semua gerakan dan tindakan kita, baik dalam hati maupun tindakan terbuka seluruhnya di hadapan-Nya. Dia mengenal kita, mengetahui di mana pun kita berada dan apa pun yang kita lakukan. Dia mengetahui segala gerakan kita, ketika duduk, beristirahat, atau berdiri untuk bekerja. Dia tahu, apa yang kita andalkan. Dia tahu angan-angan kita. Pikiran kita memang selalu tersembunyi dari orang lain tetapi Tuhan mengerti pikiran kita. Dia tahu segala yang kita katakan. Sebelum lidah kita mengeluarkan perkataan, baik itu perkataan yang baik maupun yang sia-sia, sesungguhnya, semuanya telah diketahuinya. Dia mengenal setiap seluk-beluk diri kita . Di mana pun kita berada, kita selalu di bawah pengawasan dan tangan Allah. Tuhan begitu mengenal diri kita lebih daripada kita mengenal diri sendiri. 



Bukankah ini memberikan penghiburan dan ketenangan buat kita? Dia mengetahui segala kelemahan kita, kegagalan kita, bahkan keberdosaan kita, namun Dia tetap mengasihi kita. Dia tetap menerima kita dan bahkan memberikan pengampunan serta pembaharuan setiap saat. Pengetahuan Allah atas diri kita, juga memberikan penghiburan bahwa Allah ada bersama sama dengan kita dalam setiap situasi. Dia melindungi, menuntun, dan mengasihi kita. Dia bukan hanya sekedar mengenal kita, tetapi Dia mengasihi kita juga. 

Doa


Tuhan, tidak ada suatu makhlukpun yang tersembunyi di hadapanMu, sebab segala sesuatu telanjang dan terbuka di depan mata Mu . Ya TUHAN, Engkau mengenal aku, Engkau melihat aku, dan Engkau menguji bagaimana hatiku terhadap Engkau. Teguhkanlah imanku, dan singkirkanlah segala keraguan dari hatiku. 

Pdt. Johannis Trisfant 

Tidak ada komentar: