Senin, 18 Mei 2020

Jangan berbuat berdosa ketika menderita ( Ayub 7)


Senin 18 Mei 2020


Tidak semua penderitaan adalah akibat dosa. Ada penderitaan yang disebabkan oleh karena dosa kita tetapi ada juga yang bukan . Namun penderitaan juga bisa membuat orang berdosa. Kalau kita tidak merespon dengan bijak penderitaan kita bisa jatuh ke dalam dosa.

Ayub menderita bukan karena dosanya. Dia menderita karena diijinkan oleh Allah. Dalam penderitaan nya itu Ayub banyak berteologia bersama sama sahabat sahabatnya, khususnya topik tentang Allah, dosa, dan penderitaan.

Di dalam Ayub 7, Ayub berhenti berbicara kepada sahabat sahabat nya. Kini dia berbicara kepada Allah. Ayub mulai meragukan nilai nilai yang selama ini dia pegang. Hal ini membawa Ayub ke dalam bahaya dimana menganggap bahwa Allah tidak memperhatikan dia dan tidak adil terhadap dia. Kita tahu bahwa kelak Allah menegur Ayub (38:2)

Penderitaan yang kita alami mungkin saja bukan oleh karena dosa kita. Kita sudah hidup dengan baik dan taat kepada Tuhan tapi kita menderita. Namun hati hati , jangan sampai penderitaan itu membuat kita jatuh ke dalam dosa dengan menuduh Allah tidak adil terhadap kita

Doa

Bapa yang mengasihi kami, kami percaya bahwa dalam segala kesusahan kami ,pergumulan kami Engkau tetap mengasihi kami dan tidak ada yang dapat memisahkan kami dari kasihMu. Tolonglah kami agar jangan sampai berdosa kepada Engkau ketika kami menderita sebaliknya kami diberi hikmat untuk memahami penderitaan kami dan bertumbuh semakin serupa Kristus

Amin


Pdt. Yohannis Trisfant 

Tidak ada komentar: