Senin, 18 Mei 2020

Dituntun oleh iman dan bukan perasaan (Ayub 23:9-10)

Selasa 19 Mei 2020


Ayub 23:9 di utara kucari Dia, Ia tidak tampak, aku berpaling ke selatan, aku tidak melihat Dia.

Ayub 23:10 Karena Ia tahu jalan hidupku; seandainya Ia menguji aku, aku akan timbul seperti emas.


Dalam persoalan yang berat, terkadang kita merasa Tuhan itu jauh, tidak terasa ada bersama sama dengan kita. Seolah olah Tuhan itu menyembunyikan diri dari kita. Kita berdoa tanpa merasakan kehadiran Tuhan. Ketika Kita membaca Alkitab, kita tidak merasa kan juga kehadiran nya. Perasaan kita kacau dengan persoalan berat, dan Tuhan seperti nya jauh dari kita


Ayub pun merasa seperti itu. Dalam kondisi yang sangat menderita, Ayub mengatakan dalam Ayub 23:9 di utara kucari Dia, Ia tidak tampak, aku berpaling ke selatan, aku tidak melihat Dia. Ayub sedang mengekspresikan perasaan nya dan merasa Tuhan itu menyembunyikan diri terhadap dia. Namun di dalam Ayub 23:10 dia menyatakan keyakinan nya bahwa Tuhan tahu setiap detail situasi yang sedang dia alami dan Allan akan menghasilkan yang baik buat dia. Ayub berkata dalam Ayub 23:10 Karena Ia tahu jalan hidupku; seandainya Ia menguji aku, aku akan timbul seperti emas.



Jangan sampai kita disesatkan oleh perasaan kita, apalagi ketika sedang mengalami masalah berat. Janganlah bergantung kepada perasaan kita, tetapi kepada iman kita kepada Allah bahwa Dia tahu jalan hidup kita dan pekerjaan Nya akan menghasilkan yang terbaik dalam hidup kita



Doa

Bapa di dalam sorga, tuntunlah kami melewati pergumulan yang berat ini agar kami tidak dituntun oleh perasaan kami yang rapuh. Bantulah kami untuk tetap percaya kepada Mu bahwa Tuhan tahu jalan hidup kami dan akan mengubah kami menjadi seperti emas yang murni



Amin



Pdt. Yohannis Trisfant

Tidak ada komentar: