Rabu, 27 Mei 2020

Dosa, penghalang sukacita (Mzm 51:12)

Kamis, 28 Mei 2020



Dosa, penghalang sukacita (Mzm 51:12)


Mzm 51:12 Jadikanlah hatiku tahir, ya Allah, dan perbaharuilah batinku dengan roh yang teguh!


Kita mungkin pernah mengalami suatu keadaan dimana iman kita tidak bertumbuh. Batin kita, tidak merasakan sebuah sukacita dan semangat untuk melayani Tuhan . Salah satu hal yang perlu diperiksa adalah apakah ada dosa yang kita simpan dan tidak akui dihadapan Allah. 


Daud merasakan akan hal ini. Dia telah jatuh dalam perzinahan dengan Bathsheba. Selama dia menyimpan dosanya itu dan tidak ada pertobatan maka selama itu pula dia tidak mengalami sukacita. Yang dia alami hanyalah kegelisahan. 


Ketika nabi Natan menegur dia, dia sadar akan dosanya dan mengatakan dalam Mzm 51:12 Jadikanlah hatiku tahir, ya Allah, dan perbaharuilah batinku dengan roh yang teguh!


Allah ingin agar kita mengalami kelimpahan hidup. tetapi dosa yang tidak diakui dan tidak adanya pertobatan akan menjadi penghambat dari berkat Tuhan tersebut . 


Mari kita akui dosa-dosa kita dihadapan Tuhan. Ketika kita bertobat, kita mungkin akan kehilangan banyak hal dalam dunia ini, tetapi kita akan mendapatkan berkat melimpah dari Allah, yakni sebuah sukacita hidup. 

Doa 

Kasihanilah aku, ya Allah, menurut kasih setia-Mu, hapuskanlah pelanggaranku menurut rahmat-Mu yang besar! Bersihkanlah aku seluruhnya dari kesalahanku, sebab aku sendiri sadar akan pelanggaranku, aku senantiasa bergumul dengan dosaku. Terhadap Engkau, terhadap Engkau sajalah aku telah berdosa dan melakukan apa yang Kauanggap jahat. Bersihkanlah aku dari pada dosaku. Biarlah aku mendengar kegirangan dan sukacita, biarlah tulang yang Kauremukkan bersorak-sorak kembali! 

Pdt. Yohannis Trisfant 

Tidak ada komentar: