Kamis, 08 Oktober 2020

Orang benar akan hidup oleh percayanya

Jumat, 9 Okt 2020

Orang benar akan hidup oleh percayanya
 

 Hab 2:4  Sesungguhnya, orang yang membusungkan dada, tidak lurus hatinya, tetapi orang yang benar itu akan hidup oleh percayanya.


 Orang Babilonia yang jahat percaya pada diri mereka sendiri, mereka membusungkan dada mereka tetapi mereka akan jatuh. Dan ini terbukti dalam sejarah. Kekuasaan mereka tidak lah kekal, karena mereka ditaklukkan kelak oleh bangsa Media Persia. Sebaliknya, orang yang benar akan hidup karena kesetiaan mereka kepada Tuhan.  Mereka akan hidup oleh karena percayanya. 

Habakuk 2: 4 ini telah menginspirasi banyak orang Kristen bahwa orang benar akan hidup oleh percayanya. . Paulus mengutipnya dalam Roma 1:17 dan dalam Galatia 3:11. 

Rom 1:17  Sebab di dalamnya nyata kebenaran Allah, yang bertolak dari iman dan memimpin kepada iman, seperti ada tertulis: "Orang benar akan hidup oleh iman."


Gal 3:11  Dan bahwa tidak ada orang yang dibenarkan di hadapan Allah karena melakukan hukum Taurat adalah jelas, karena: "Orang yang benar akan hidup oleh iman."

Penulis Ibrani mengutipnya dalam Ibr  10:38, tepat sebelum Ibrani 11 yang membahas tentang iman.

Heb 10:38  Tetapi orang-Ku yang benar akan hidup oleh iman, dan apabila ia mengundurkan diri, maka Aku tidak berkenan kepadanya."


Hidup orang Kristen seperti ini, yakni hidup oleh iman. Walaupun kita belum melihat ada tanda-tanda masalah kita akan selesai, tetapi kita harus terus hidup oleh iman kita kepada Allah. Kita  harus percaya bahwa Tuhan mengarahkan segala sesuatu sesuai dengan tujuan-Nya. Orang yang benar itu akan hidup oleh percayanya (Habakuk 2:4)


Doa

Bapa kami di dalam sorga, kami bersyukur kepada Mu karena kami diberikan iman. Kami akan hidup oleh iman kami dari hari ke sehari, Kami sudah memulainya dengan iman, kami akan melanjutkan hidup kami juga dengan iman dan kelak akan mengakhirinya juga dengan iman. Tuntunlah kami agar iman kami jangan gugur



Pdt. Johannis Trisfant 

Tidak ada komentar: