Jumat, 09 Oktober 2020

Berdiam di dalam kekaguman

Sabtu, 10 Okt 2020
 
Berdiam di dalam kekaguman  

Hab 3:16  Ketika aku mendengarnya, gemetarlah hatiku, mendengar bunyinya, menggigillah bibirku; tulang-tulangku seakan-akan kemasukan sengal, dan aku gemetar di tempat aku berdiri; namun dengan tenang akan kunantikan hari kesusahan, yang akan mendatangi bangsa yang bergerombolan menyerang kami.


Nabi Habakuk berdiam diri dan tidak mengucapkan sepatah kata pun. Dia berkata : “gemetarlah hatiku, mendengar bunyinya, menggigillah bibirku; tulang-tulangku seakan-akan kemasukan sengal, dan aku gemetar di tempat aku berdiri. Dia tidak bisa memberikan respon lagi. Allah telah membuat hambanya ini diam dan mengakui akan jalan Allah yang benar. Sebelumnya, Habakuk menantikan jawaban dari Tuhan di dalam Habakuk 2:1, dimana dia berkata :” Aku mau menantikan apa yang akan difirmankanNya kepadaku, dan apa yang dijawabNya atas pengaduanku. Tetapi setelah Tuhan menjawab dia, dia terdiam, dengan gemetar  dan menggigil. Dia diam dihadapan Allah. 


Habakuk peka terhadap pesan yang diterimanya dari Allah. Dan kepekaannya ini membuat dia menggigil dan gemetar dihadapan Allah. Semakin kudus seseorang, maka semakin besar rasa takutnya kepada Allah. Masalah yang kita alami akan membuat kita semakin takut kepada Allah, dan bukannya semakin kurang ajar. 


Nabi Habakuk terganggu karena tidak ada yang bisa menghentikan kehancuran Israel yang diserang oleh Babel. Dia gemetar dihadapan Tuhan menantikan datangnya saat itu.  Memang keselamatan akan datang tetapi sebelum tibanya keselamatan itu, maka akan ada penghakiman terlebih dahulu. 

Jikalau masalah yang saudara alami disebabkan oleh dosa saudara dan saudara mengetahui itu dengan jelas, maka berdiamlah dihadapan Tuhan. Berdoa kepada Tuhan bukan hanya berisi permintaan, tetapi juga berdiam diri, mengoreksi diri. Berdiam diri dengan gemetar. Berdiam diri di dalam kekaguman dan takut akan Tuhan. Persoalan kita bisa hadapi dengan menaikkan doa ratapan kepada Tuhan. Tetapi akan tiba saatnya dimana kita harus berdiam diri di hadapan Tuhan, berdiam di dalam kekaguman. 
 


Doa

Bapa di sorga, Bapa yang kudus, kami sadar ada waktunya dimana kami harus berdiam diri, berdiam di dalam kekaguman akan kekudusanMu dan menantikan pertolonganMu. Ampunilah kami kalau selama ini sikap kami kepada Tuhan tidak lah sopan. Tuntunlah kami untuk dapat melihat kekudusanMu


Pdt. Johannis Trisfant 

Tidak ada komentar: