Sabtu, 20 Februari 2010

SABAT! (Kel 20:9-11).

Tujuan: Sabat akan menolong kita untuk tidak burn out.

Oleh Pdt. Yohannis Trisfant.

Ada sebuah studi yang dilakukan beberapa tahun yang lalu terhadap beberapa tentara. Dalam penelitian itu, diperoleh bahwa setelah 7 hari berturut-turut bekerja keras, kinerja prajurit menurun. Namun hal yang menarik adalah, bahwa meskipun tingkat kinerja prajurit jatuh, para prajurit itu sendiri tidak menyadarinya. Mereka pikir mereka masih bekerja pada tingkat yang maksimum.

Sangatlah Jelas, bahwa ketika orang-orang bekerja siang malam, setiap hari dan selama berminggu minggu dan berbulan-bulan, maka tingkat kinerja mereka terus turun dan pekerja menjadi emosional dan mereka menjadi jenuh. Kalau sudah burn out, maka meskipun ada hari libur, hari libur tersebut tidaklah membantu banyak. Mengapa? Sebab pada hari libur, mereka masih mengerjakan pekerjaan-pekerjaan yang lain. Misalnya, pada hari libur, mereka masih mencuci motor, mencuci mobil, main game seharian sampai tegang. Bukan Facebook sampai capek atau ke dugem sampai subuh. Akhirnya ketika besok masuk kerja atau masuk ke sekolah, bukannya menjadi segar, malahan semakin loyo. Ada juga yang memakai hari sabatnya untuk terus bekerja...belajar supaya bisa berhasil.

Allah tidak ingin kita hidup dengan cara seperti itu. Dalam Perjanjian Lama, ketika Allah memberikan Sepuluh Perintah Allah kepada Musa, Ia berkata ...

Kel 20:9-10 enam hari lamanya engkau akan bekerja dan melakukan segala pekerjaanmu, (10) tetapi hari ketujuh adalah hari Sabat TUHAN, Allahmu; maka jangan melakukan sesuatu pekerjaan, engkau atau anakmu laki-laki, atau anakmu perempuan, atau hambamu laki-laki, atau hambamu perempuan, atau hewanmu atau orang asing yang di tempat kediamanmu.

Pada saat Tuhan memerintahkan agar kita beristirahat, maka ini sama seriusnya ketika Tuhan mengatakan: "Jangan mencuri, jangan berbohong, atau jangan melakukan perzinahan,". Kita kadangkala menganggap bahwa kita dapat mengabaikan perintah memelihara sabat ini tanpa ada konsekuensi atas ketidaktaatan kita. Kita seringkali mengatakan :"saya sibuk", Saya terlalu banyak bekerja,sibuk melayani, sibuk belajar dari hari senin sampai hari senin. Kita seringkali tidak menganggap serius perintah Tuhan untuk memelihara sabat ini.

Pernah seorang pengkhotbah berkata bahwa ia tidak pernah mengambil satu hari pun untuk libur karena iblis tidak pernah mengambil satu hari libur ... dan selain itu, pendeta ini berkata, "Aku nanti akan beristirahat ketika saya sudah masuk ke surga!" Pernahkan saudara memperhatikan kehidupan Kristus? Dalam pelayananNya selama 3 tahun, Tuhan Yesus mengambil kurang lebih 10 kali "liburan" “retreat”. Dia seringkali pergi ke tempat-tempat yang sunyi, menyingkir dari roang banyak. Tuhan Yesus juga selalu memelihara hari sabath. Bahkan Tuhan sendiri setelah selesai menciptakan dikatakan bahwa Dia beristirahat pada hari ketujuh. Jadi pertanyaannya adalah: siapa yang saudara akan ikuti? Iblis yang tidak pernah istirahat? Ataukah Tuhan Yesus yang memiliki saat-saat istirahat.

Jadi perintah keempat, "Ingatlah hari Sabat,"sama pentingnya dengan sembilan hukum lainnya. Bahkan, perintah untuk menguduskan hari sabat berisi 94 kata, dimana jauh lebih banyak daripada perintah yang lain. Tuhan sangat merinci hukum ke empat ini supaya kita dapat melakukannya dengan benar dan taat. Namun amat disesalkan bahwa kita seringkali mengabaikan nasihat Tuhan bagi kita untuk menguduskan hari sabat. Dan akibatnya adalah: kita kehilangan visi mengenai prioritas rohani kita.

Di dalam Markus 2:27 Tuhan Yesus mengatakan seperti ini:" : "Hari Sabat diadakan untuk manusia dan bukan manusia untuk hari Sabat. Jadi hari sabat itu adalah untuk kita, untuk kepentingan kita. Apakah saudara mau memakai hari sabtu sebagai hari sabat, atau hari minggu sebagai hari sabat, atau mungkiin hari senin sebagai hari sabat, itu tidaklah penting. Hal yang penting adalah prinsip sabath itu dijalankan. Sabat atau istirahat itu untuk saudara. Ada tiga manfaat Sabat

PERTAMA, ISTIRAHAT

Kata "Sabat" diambil dari bahasa Ibrani yang berarti secara hurufiah adalah istirahat. Dalam Perjanjian Lama dan dalam Yudaisme hari-hari Sabat dimulai saat matahari terbenam pada hari Jumat malam dan berlangsung hingga matahari terbenam hari Sabtu. Oleh sebab itu, Sabat kita harus menjadi hari dimana kita menyisihkannya untuk beristirahat. Ini harus menjadi hari istirahatnya kita. Betul betul istrihatlah. Artinya, tidurlah lebih banyak dari biasanya. Makanlah dengan lebih santai, tidak terburu-buru seperti biasanya. Jangan terlalu capek pada hari sabat. Jangan terlalu banyak mikir yang berat-berat. Jangan cari pekerjaan tambahan dan uang tambahan. Jangan tambah dengan Les pelajaran. Pokoknya, pada hari sabat, istirahatlah. Bersenang-senanglah dengan keluarga. Lakukan hal yang ringan-ringan aja. Jangan lakukan sesuatu yang membuat stress. Sadar atau tidak sadar, saudara perlu hari untuk mengisi bahan bakar untuk jiwa dan fisik saudara.

Kaluaran 20:11 berbunyi seperti ini:" Sebab enam hari lamanya TUHAN menjadikan langit dan bumi, laut dan segala isinya, dan Ia berhenti pada hari ketujuh; itulah sebabnya TUHAN memberkati hari Sabat dan menguduskannya. Mengapa Tuhan beristirahat pada hari ketujuh? Apakah karena Dia lelah, maka Dia beristirahat? Tentu tidak. Tuhan beristirahat pada hari ketujuh bukan karena dia lelah dan perlu mengumpulkan tenaga. Dia beristirahat karena merayakan pekerjaanNya yang sudah selesai. Hari sabat atau hari istirahat kita juga harus sama: yakni sebagai sebuah kesempatan untuk bersukaria dalam kepuasan karena telah menyelesaikan satu minggu dengan bekerja keras dan dengan jujur.

Pada saat saudara makan siang di foodcourt, mungkin seringkali kita makan dengan terburu-buru, karena sebentar lagi akan masuk jam kerja, atau ada janji dengan orang lain. Namun berbeda kalau saudara makan di “All You Can Eat”, saudara pasti tidak akan tergesa-gesa makannya. Saudara akan makan perlahan, menikmati dan makan sebanyak mungkin (ingat kolestrol). Mengapa cara makannya berbeda? Karena harganya mahal. Mesti kembali modal nih. Tetapi yang paling penting adalah karena saudara ingin santai dan menikmati makanan. Sabat kita seperti itu. Saudara sudah bekerja keras selama seminggu dan sekarang tibalah harinya dimana saudara akan beristirahat, merayakan hasil kerja saudara dan menikmatinya. Inilah tujuan pertama sabat. Sabat diadakan untuk manusia, untuk memberikan istirahat kepada tubuh dan jiwa kita.

KEDUA, REFLEKSI

Hari Sabat lebih dari sekadar hari tidak aktif. Itu lebih dari sekadar hari istirahat. Sabat adalah hari dimana kita memeriksa diri kita sendiri, memeriksa hidup kita, memeriksa kembali tujuan kita, memeriksa kembali prioritas kita. Ini kesempatan bagi kita untuk berpikir tentang apa yang baik, yang benar yang sudah kita lakukan minggu lalu. Kesempatan bagi kita untuk mengevaluasi kembali apa yang buruk yang kita kerjakan minggu lalu. Mungkin ada yang perlu diperbaiki kembali dalam minggu ini. Dan banyak hal lain lagi saudara perlu refleksi. Mungkin hubungan dengan istri, suami, anak, orang tua yang mesti direfleksi kembali. Sabat juga merupakan kesempatan untuk memikirkan minggu ini: “Apa yang saudara ingin capai”? Kemana saudara ingin pergi? Saudara ingin menjadi apa? Sabat merupakan kesempatan buat kita untuk berpikir serius mengenai diri dan memberikan pertimbangan yang serius. Mungkin saudara yang menjadi majelis di gereja atau aktivis akan bertanya seperti ini, bagaimana mungkin saya bisa rekfleksi kalau saya di gerejanya sampai sore karena rapat, latihan dll. Hal seperti itu mesti dibicarakan dengan "yang berwenang", supaya rapat, latihan jangan di hari minggu, tetapi di hari lain, karena kita hanya punya hari minggu untuk refleksi dan menjadi sabatnya kita

Saudara mungkin pernah mendengarkan mengenai Lee Iacocca? Lee Iacocca adalah anak imigran yang kakeknya datang dari Italia untuk mencari pembaharuan dan perbaikan hidup di Amerika. Keberhasilan karir Iacocca, tidak terlepas dari kerja keras yang dilakukannya, dari salesman biasa sampai ke jenjang presiden direktur, dari industri otomotif “Ford”, Dia bekerja selama delapan tahun sebagai CEO Ford Automotif Industry. Namun dia dipecat oleh Henry Ford sang pemilik, karena Henry Ford takut,Iacocca lebih populer dari dirinya, apalagi lacocca telah menciptakan mobil Ford yang monumental yaitu “Mustang”.Apakah setelah dipecat karirnya berakhir di situ? Ternyata tidak! Iacocca akhirnya berhasil juga menjadi Presiden Direktur di perusahaan otomotif yang menjadi saingan Ford, yaitu perusahaan otomotif Chrysler. Dalam meniti karirnya di Chrysler, Iacocca telah membuat perusahaan tersebut memetik laba penjualan yang sangat besar.

Apakah rahasia suksesnya? Mungkin banyak jawabannya. Tetapi menurut saya, rahasia sukses dari lacocca adalah pada komitmennya untuk tinggal di rumah setiap akhir pekan bersama keluarga, pergi ke gereja dan menghabiskan waktu untuk refleksi setiap hari minggu. Bukankah firman Tuhan mengatakan dalam kitab Mazmur "Diamlah dan ketahuilah, bahwa Akulah Allah." (Mazmur 46:10). Dan nabi Yesaya mengatakan:" dalam tinggal tenang dan percaya terletak kekuatanmu. (Yes 30:15). Ingatlah akan hal ini, bahwa hal yang utama dalam hidup adalah peliharalah hal yang utama. Ingat dan kuduskanlah hari sabat.

KETIGA, PEMBARUAN

Orang-orang modern sangat gila kerja. Sehingga muncullah sebuah "penyakit sosial" yang baru, yaitu penyakit kecanduan kerja. Atau lebih dikenal sebagai "workaholic". Orang-orang yang mengidap penyakit ini melihat "bekerja" sebagai satu-satunya, bahkan segala galanya dalam kehidupan mereka.. "Beristirahat" bagi mereka adalah "siksaan". Penyia-nyian waktu yang tak terampunkan. Apakah bekerja melampaui batas tidak membuat mereka lelah? Tentu saja! Tapi kelelahan pun mereka tekan, supaya bisa bekerja lebih lama. Kelelahan ditekan dengan minum multivitamin, kratingdaeng, extra Joss, dll. Dengan gaya hidup yang seperti itu, produktivitas pasti meningkat hebat. Tapi dampak buruknya kesehatan menurun dan lebih cepat mati. Bukan hanya mati di usia muda, kehidupan keluarga juga terbaikan. Suami, istri hanya memikirkan pekerjaannya dan tidak menyisihkan waktu bagi pasangan dan anak-anak. Anak-anak banyak yang bertumbuh liar, karena tak pernah merasakan perhatian dan tak pernah menikmati kasih sayang orang tua mereka. Kecuali barangkali diberi uang atau dibelikan "play station", untuk mengalihkan perhatian dan membungkam protes mereka.

Hari Minggu, bagi banyak orang, adalah satu-satunya hari di mana mereka bisa bangun siang dan tidak melakukan apa-apa, setelah seminggu lamanya mereka memacu tenaga melampaui batas. Karena itu, bagi orang-orang ini, ke gereja dianggap rugi dan tak ada manfaatnya. Mereka berpikir daripada tidur di gereja, lebih baik tidur di rumah. Dalam kondisi itu, spiritual mereka semakin parah, miskin dan tidak punya kekuatan untuk menghadapi tantangan kehidupan modern yang luar biasa berat. Padahal orang-orang modern saat ini sangat membutuhkan pembaruan spiritual untuk menghadapi tantangan hidup. Akhirnya banyak yang bunuh diri karena depresi.

Tuhan memberikan sabat supaya kita memiliki kesempatan untuk pembaruan spiritual. Pada masa gereja mula-mula, sabat melambangkan sebuah pembaharuan. Kita tahu bahwa sabat dalam Perjanjian Lama dilakukan oleh orang-orang Yahudi pada hari sabtu. Pada saat orang-orang Yahudi menjadi kristen mereka tetap ke sinagoge pada hari sabtu. Namun disamping itu mereka juga berkumpul bersama pada hari minggu, untuk berbibadah. Ketika gereja-gereja sudah mulai bertumbuh dimana orang-orang Non Yahudi juga termasuk di dalamnya, maka orang-orang kristen ini lalu menyadari bahwa mereka tidak harus memakai budaya Yahudi dan hukum Yahudi untuk menjadi orang kristen. Oleh karena itulah mereka tidak lagi memakai hari sabtu sebagai hari sabat tetapi mereka bertemu bersama pada hari pertama minggu itu, memperingati kebangkitan Yesus dari kematian. Dalam gereja mula-mula, hari minggu itu adalah hari kebangkitan, hari pembaharuan. Kemudian sejak sekitar abad keempat, hari Sabat orang Kristen telah dirayakan secara resmi pada hari Minggu. Kaisar Romawi Konstantin menjadikan hari minggu sebagai sebuah kebiasaan resmi untuk ke gereja.

Jadi Sabat kita harus menjadi kesempatan bagi kita untuk mengalami pembaruan. Tentu saja, cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan ke gereja. Pujian, doa , kotbah akan membawa kita menjadi lebih dekat dengan Allah. Pada saat kita meninggalkan ruangan ibadah, semangat dan harapan kita sudah diperbaharui. Waktu yang kita berikan untuk ke gereja sangatlah kecil. Hanya kurang dari 1 persen dari seluruh waktu kita sepanjang minggu. Namun waktu yang sedikit itu, adalah waktu terpenting dalam hidup saudara. Jangan disia-siakan waktu terpenting tersebut. Bahkan setelah waktu untuk ke gereja, jadikanlah waktu selanjutnya di hari minggu untuk diperbaharui oleh Tuhan dengan lebih banyak berdoa dan membaca firman Tuhan, mendengarkan suara Tuhan yang berbicara kepada hati kita.

Di Virginia Barat, terdapat tambang batubara, dimana pemilik tambang mempekerjakan penambang selama enam hari seminggu. Mereka boleh istirahat pada hari ketujuh. Suatu hari ada yang berkunjung ke pertambangan tersebut dan bertemu dengan pemilik. Mereka mengatakan kepada pemilik, untuk apa memberikan waktu istirahat sehari kepada pekerja. Kerja saja selama 7 hari seminggu. Sang pemilik pertambangan berkata: " saya tidak mempekerjakan penambang pada hari minggu, untuk kebaikan mereka sendiri- bukan untuk kebaikan saya. Mereka berada di dalam gelap di dalam pertambangan selama enam hari. Oleh sebab itu mereka membutuhkan waktu sehari di tempat terang untuk mencegah mereka dari kebutaan.

Seperti inilah fungsi sabat buat kita. Setelah seminggu kita berada dalam kegelapan, kita harus meluangkan waktu untuk berada dalam terang Anak Allah, Yesus Kristus, agar diri kita jangan menjadi buta rohani. Jadi gereja ada untuk saudara. Bukan gereja yang membutuhkan kehadiran diri kita, tetapi kitalah yang membutuhkan gereja.

KESIMPULAN

Allah memberikan kepada saudara hari Sabat. Allah tidaklah bermaksud untuk menjadikan hari sabat sebagai hari penindasan di mana saudara tidak bisa berbuat apa-apa dan terikat pada sekelompok aturan dan peraturan konyol. Dia memberikan kita hari Sabat untuk membantu kita menjalani kehidupan yang lebih terfokus, lebih produktif, dan lebih terpusat pada diriNya. Ketiga prinsip sabat yakni -istirahat, refleksi, dan pembaruan-membantu kita menjaga kehidupan kita agar tetap berada di dalam jalur. Oleh sebab itu, jangan abaikan sabat. Peliharalah hari sabatmu. Ini untuk kebaikanmu saudara sendiri dan untuk kemuliaan-Nya.

Salam dari Pdt. Yohannis Trisfant.

God Bless You

Tidak ada komentar: