Rabu, 24 April 2013

Jika Allah dipihak kita, siapakah yang akan melawan kita? (Roma 8:31)


Oleh: Pdt. Yohannis Trisfant


Calvin mengatakan bahwa ayat ini sangat penting buat kita dalam menghadapi berbagai macam pencobaan. Jika Allah tidak berada di pihak saudara, maka walaupun semua orang tersenyum kepada saudara dan bersedia membantumu, maka saudara tidak akan berhasil dalam hidupmu. Sebaliknya, walaupun semua orang menentang saudara asalkan Allah berada dipihakmu, maka tidak ada yang bisa melawan saudara. Firman Tuhan mengatakan seperti ini
Psa 23:4  Sekalipun aku berjalan dalam lembah kekelaman, aku tidak takut bahaya, sebab Engkau besertaku; gada-Mu dan tongkat-Mu, itulah yang menghibur aku.

Psa 3:6  (3-7) Aku tidak takut kepada puluhan ribu orang yang siap mengepung aku.

Calvin berkata:  Tak ada kuasa dibawah langit atau diatas langit yang dapat menahan tangan Allah.
Jika paulus hanya bertanya seperti ini: siapakah yang akan melawan kita? maka akan banyak jawaban yang muncul. sebab sangat banyak musuh yang mencoba menelakakan diri kita. Saudara perhatikan ayat 35 . Ayat 35 merupakan katalog atau kumpulan musuh-musuh yang mengancam orang-orang kristen, yakni  Penindasan atau kesesakan atau penganiayaan, atau kelaparan atau ketelanjangan, atau bahaya, atau pedang. Orang-orang yang menganiaya dunia, dosa yang berdiam di dalam diri kita, kematian,  Iblis merupakan musuh-musuh yang mengancam orang-orang kristen.  Dunia, kedagingan, dan Iblis bersama-sama berbaris menentang orang-orang kristen dan musuh-musuh itu terlalu kuat bagi kita. Seringkali malapetaka juga adalah musuh yang mengancam diri kita. Jikalau paulus hanya menanyakan pertanyaan itu, siapakah yang akan melawan kita?  maka akan muncul banyak jawaban.
Tetapi paulus tidaklah menanyakan pertanyaan yang naif seperti itu. Inti dari pertanyaannya adalah pada kata "jika". Jika Allah dipihak kita, siapakah yang akan melawan kita? Tidak setiap orang mengalami bahwa Allah ada dipihaknya, sebab terkadang Allah menentang atau melawan orang tersebut.  Banyak kali dalam perjanjian lama, Allah berkata: :"Aku akan menjadi lawanmu. (Nah 2:13; 3:5; Yer 50:31; 51:25). Kalimat-kalimat itu memang diucapkan kepada bangsa bangsa seperti Asyur,  Babel, Mesir, Tirus, Sidon dan Edom. Namun kalimat itu juga pernah diucapkan kepada bangsa Israel, umat Allah karena ketidaktaatan mereka dan karena penyembahan berhala yang mereka lakukan.  Tuhan berfirman dalam Im  26:17  “Aku sendiri akan menentang kamu, sehingga kamu akan dikalahkan oleh musuhmu, dan mereka yang membenci kamu akan menguasai kamu, dan kamu akan lari, sungguhpun tidak ada orang mengejar kamu”  Yeh 5:8  sebab itu beginilah firman Tuhan ALLAH: Lihat, Aku, ya Aku sendiri akan menjadi lawanmu dan Aku akan menjatuhkan hukuman kepadamu di hadapan bangsa-bangsa. Kalimat ini juga diucapkan melawan gembala gembala dan nabi nabi yang palsu.   Sebab itu, beginilah firman Tuhan ALLAH, oleh karena kamu mengatakan kata-kata dusta dan melihat perkara-perkara bohong, maka Aku akan menjadi lawanmu, demikianlah firman Tuhan ALLAH (Yeh 13:8).
Namun ini bukanlah dalam kasus Roma 8:31, sebab situasi dimana  paulus mengatakan kalimat ini adalah, Allah dipihak kita. Mengapa dipihak kita, karena Dia sudah menentukan, memanggil kita, membenarkan kita dan memuliakan kita.  Dalam kondisi yang seperti ini siapakah yang akan melawan kita? semua kuasa di neraka mungkin akan menentang kita, tetapi mereka tidak pernah berhasil , sebab Allah berada disisi kita.  
Mengapa kalau kita disertai Tuhan, saya seringkali mengalami kesalahan dan bukan kemenangan. Kita mesti memahami apa artinya disertai Tuhan. Disertai Tuhan itu bukan berarti Tuhan mengikuti kita seperti pengawal pribadi mengikuti saudara kemana pun saudara pergi dan mengalahkan semua lawan lawanmu. Tuhan itu bukan pengawal pribadi kita yang mengikuti ke manapun kita pergi dan melindungi apa pun yang kita lakukan. Disertai oleh Tuhan adalah kita mengikuti Tuhan, bukan Tuhan mengikuti diri kita. Kalau disertai oleh Tuhan, maka kita akan mengalami kemenangan demi kemenangan


Salam" 

Pdt. Yohannis Trisfant



1 komentar:

Hot Saut mengatakan...

Thank you, Pdt. Jebless.