Senin, 19 Mei 2008

MENGHAJAR ANAK ANDA.

Pendahuluan

Pengalaman masa kecil

  • Saya seringkali dipukul dengan rotan, dicubit oleh mama saya. Tetapi hajaran itu sangat bermanfaat buat saya hari ini

Mengapa anak mesti dididik dengan hajaran?

Pertama, anak-anak lahir dalam keadaan berdosa. Yer 17:9 Betapa liciknya hati, lebih licik dari pada segala sesuatu, hatinya sudah membatu: siapakah yang dapat mengetahuinya?

(Jer 17:9). Permasalahan anak bukanlah pada kurangnya informasi yang mereka miliki. Masalahnya , mereka adalah orang berdosa. Yang jika sifat-sifat dosanya tidak ditegur dan di hajar, maka akan mendatangkan kebinasaan. Engkau memukulnya dengan rotan, tetapi engkau menyelamatkan nyawanya dari dunia orang mati.

(Pro 23:14)


 

  • Anak-anak itu dilahirkan sebagai orang bodoh dan bebal. Amsal 22:15. Kebodohan ini berarti tidak takut akan Allah, tidak mau tunduk pada otoritas, menolak teguran, memprotes upaya kita untuk mengatur/mengendalikan mereka.

" Kebodohan melekat pada hati orang muda, tetapi tongkat didikan akan mengusir itu dari padanya. (Pro 22:15)"


 

FUNGSI DARI ROTAN


 

Pertama, mendatangkan hikmat. Tongkat dan teguran mendatangkan hikmat, tetapi anak yang dibiarkan mempermalukan ibunya. (Pro 29:15)

Anak yang tidak mau tunduk kepada orang tua sedang bertindak bodoh. Itu berarti dia sedang menoalk kekuasaan yang sudah diberikan oleh Allah kepada orang tua.

Hajaran bukanlah satu-satunya cara, tetapi merupakan sesuatu yang harus sdr pakai dalam mendidik anak


 

Beberapa hal yang mesti diperhatikan

  • Memakai hajaran untuk mendidik anak adalah tugas orang tua, bukan tugas orang lain. Sekolah tidaklah boleh memukul anak.
  • Hukuman dengan hajaran merupakan tindakan iman dari orang tua, karena Allah sudah memerintahkannya. Kita menaati bukan karena sudah memahami dengan sempurna bagaimana rotan bekerja, melainkan karena Allah yang memberikan perintah. Kita percaya kepada hikmat Allah

    Orang tua yang menghajar anaknya, berarti mengasihi anaknya. Walaupun ini menyakitkan bagi orang tua. Orang benar makan sekenyang-kenyangnya, tetapi perut orang fasik menderita kekurangan.

(Pro 13:25)


 

  • Hajaran, harus dilakukan dengan hati-hati, tepat waktu dengan benar dan terkendali. Bukan merupakan pelampiasan kemarahan. Tidak semena-mena. Bukan merupakan tindakan pembalasan, tidak boleh dikaitkan dengan kemarahan.

    Anak kita tidak akan mati, kalau kita menghukumnya. Jangan menolak didikan dari anakmu ia tidak akan mati kalau engkau memukulnya dengan rotan. Engkau memukulnya dengan rotan, tetapi engkau menyelamatkan nyawanya dari dunia orang mati. (Pro 23:13-14)


 


 

Jika ada kesalahan ketik, mohon maklum

Syalom: Yohannis Trisfant, MTh.


 


 

Tidak ada komentar: